Manajemen dan Manajer


Dalam buku Manajemen karangan T.Hani Handoko menyebutkan secara umum manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya-sumberdaya organisasi lainnya., sedangkan Ernie & Kurniawan Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen. Lebih lengkap lagi manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.
Manajer dapat dikelompokkan dengan dua cara : menurut tingkatan dalam organisasi dan kegiatan-kegiatan organisasi.

TINGKATAN MANAJEMEN
1.    Manajer lini – pertama. Tingkatan ini merupakan tingkan rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Profesi ini sering disebut pimpinan, mandor, dan penyelis (supervisor)

2.    Manajer menengah. Sebutan lain dari manajer ini adalah manajer departemen, kepala pengawas dan sebagainya. Manajer tingkat ini bertugas mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lain dan kadang-kadang juga karyawan operasional.

3.    Manajer puncak. Manajemen puncak sangat bertanggung jawab penuh atas operasi yang ada dalam suatu organisasi. Manajer ini biasa disebut direktur, presiden, kepala devisi, wakil presiden, dan sebagainya.

Perbedaan tingkat dalam manajemen,tentu membedakan juga fungsi-fungsi dari para manajer itu juga. Ada dua fungsi utama manjemen :

1.    Manajemen administratif, dan
2.    Manajemen operatif.

Dari semua tingkatan yang ada dalam manajemen, semua tingkatan melakukan kedua fungsi tersebut. Yang membedakan dalam tingkatan manajemen hanya porsinya. Pada tingkatan manajemen pertama tentu akan banya melakukan funsi manajemen operatif kepada karyawan dan sedikit melakukan fungsi manajemen administratif, sedangkan pada manajer menengah kedua fungsi tersebut akan seimbang, dan terahir pada manjer puncak, akan banya melakukan fungsi adminitratif yaitu kebalikan dari manajer tingkat pertama.

KEAHLIAN – KEAHLIAN MANAJEMEN (Managerial Skills )
1.    Keahlian teknis (Technical skills)
2.    Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarkat (Human Relation skills)
3.    Keahlian Konseptual (Conceptual skills)
4.    Keahlian dalam Pengambilan Keputusan (Decision Making-Skills)
5.    Keahlian dalam Mengelola Waktu (Time Management Skills)
Selain kelima keahlian dalam menejemen, khusus untuk menejer ada penambahan dua keahlian lagi yaitu : Keahlian dalam Manajemen Global (Global Management Skills) dan Keahlian dalam hal teknologi (Technological Skills).

FUNGSI-FUNGSI YANG DILAKASANAKAN MANAJER
    Manajemen digunakan untuk mencapai tujuan sesuatu melalui peksanaan fungsi-fungsi tertentu, tatapi dalam hal ini belum ada persamaan pendapat dari para ahli manajemen tenteng apa fungsi-fungsi dalam manjemen. Salah satu klarifikasi paling awal dari fungsi-fungsi manjerial dibuat oleh Henri Fayol, yang mengatakan bahwa perencanaan, pengorganisasian, pengloordinasikan, pemberian perintah dan pengawasan adalah fungi-fungsi utama.

    Dibawah ini kami berikan, pendapat para ahli mengenai fungsi-fungsi manjajemen yang dilaksanakan
http://ekonomili.blogspot.co.id/2016/12/manajemen-dan-manajer.html

    Dari gambar tersebut, bisa kita pahami bahwa terdapat persamaan yang ada dalam fungsi-fungsi manajemen yaitu fungsi-fungsi planning, organizing dan controling. Dan yang lainya bisa dikatakan juga sama, Cuma berbeda dalam penyebutannya saja.

PERENCANAAN (PLANNING)
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat  untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.  Disamping itu rencana memungkinkan :

1.    Oraganisasi bisa memperoleh dan mengikat sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
2.    Anggota bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang konsisten, terpilih, dan terarah sesuai dengan tujuan dan kesepakatan.
3.    Tindakan dapat diminitor dan diukur, sehingga tindakan lain bisa diambil bila tidak sesuai dengan rencana awal.

PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
    Setelah melakukan perencanaan, selanjutnya kita perlu membuat suatu organisasi yang akan melaksanakan berbagai perencanaan tersebut secara sukses.
Pengorganisasian adalah :

1.    Menentukan SDM dan kegiatan yang dibutuhkan untuk tujuan organisasi,
2.    Perencanaan dan pengembangan organisasi untuk dibawa ke arah tujuan,
3.    Penugasan tanggung jawab tertentu, dan
4.    Wewenang yang diperlukan kepada individu untuk tugas-tugasnya.

Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
-    Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
-    Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
-    Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
-    Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

PENGARAHAN DAN IMPLEMENTASI
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
-    Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
-    Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
-    Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
-    Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
-    Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
-    Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

Demikianlah artikel mengenai manajemen dan manajer, jika ada kekurangan mohon dikoreksi didalam kolom komentar, dan silahkan bagikan artikel ini kepada sahabat-sahabat yang lain.
Sekian dan terima kasih.

Dikutip dari buku  karangan T. Hani Handoko (jilid II 2009) dan buku karangan Ernie & Kurniawan (2005)



1 Komentar untuk "Manajemen dan Manajer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel