Rujukan Bisnis untuk MEA

MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) adalah pasar bebas yang diberlakukan antar sesama negara-negara yang tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Asean merupakan organisasi yang terbentuk dari negara-negara dikawasan Asia Tenggara.

MEA untuk sebagian orang menjadi suatu kekhawatiran tersendiri. Hal ini ditakutkan produk dan tenaga kerja dalam negri akan kalah bersaing dengan produk dan tenaga kerja asing. Dampak positifnya dari adanya MEA, Indonesia juga perpeluang untuk memasarkan produk ke pasar regional bahkan internasional.    MEA merupakan momentum yang baik untuk memulai bisnis. Dengan adanya MEA kita bisa memasarkan produk ke Luar Negri, tentunya dengan pangsa pasar yang sangat besar. Pada saat diberlakukan MEA ada bisnis-bisnis tertentu yang akan menjadi sangat subur. Menurut Afin Murtie dalam buku “Bisnis Tahan Banting Sambut MEA” memaparkan ada 15 bisnis yang akan tumbuh subur pada saat MEA, yaitu biro perjalanan dan wisata, carter kendaraan, event organizer, expedisi, fotografi, homestay, jasa cleaning service,jasa pembuatan website dan toko online, krupuk aneka rasa, minuman herbal untuk kesehatan, pengelolah guide, penyedia asisten rumah tangga dan baby sister, penyedia tukang bangunan, rumah makan tradisional, dan toko oleh-oleh.

Dari sekian banyak bisnis yang direkomendasikan, dalam artikel ini hanya membahas beberapa saja.
1.Biro Perjalanan dan Wisata
    Kekayaan indonesia sungguh luar biasa, mulai dari pemandangan yang indah, makanan yang lezat, dan ragam budayanya. Hal ini bisa menjadi daya tarik sendiri untuk menarik wisatawan dalam maupun wisatawan luar negri. Jika bisa mengembangkan bisnis ini suatu hal yang tidak mungkin bahwa indonesia akan terkenal di dunia bukan hanya dari pulau bali saja.

Banyaknya potensi yang belum dikembangkan secara maksimal membuat bisnis ini sangat oke untuk dilakukan. Pontensi yang luar biasa dari bisnis biro perjalanan dan wisata. Dengan padatnya aktivitas masyarakat tentu seseorang akan membutuhkan penyegaran, jika itu terjadi disinialah peluang bisnis ini untuk ditawarkan kepada calon konsumen kita. Selain alasan diatas, orang yang membutuhkan jasa ini, bisa dari orang yang sedang berpergi urusan pekerjaan atau dinas keluar, disaat itu tentu seseorang setelah menyelesaikan pekerjaan, tentu ingin berkeliling kedaerah yang dikunjunginya.
Siapa yang berpeluang untuk bisnis ini?

Yang berpeluang untuk menjalankan bisnis ini adalah putra daerah yang paham akan potensi daerahnya, mereka yang suka jalan-jalan, mantan aktifis kampus yang sering memanagemen kegiatan, lulusan sekolah pariwisata, dan pemilik modal.

2.Carter Kendaraan
Berlakunya MEA akan menambahnya jumlah penduduk dan tentunya akan menambahkan akan kebutuhan tranportasi. Kendaraan mempercepat seseorang dalam beraktivitas, mulai bekerja, sekolah, berbisnis, dan berpergian yang lainnya.

Dengan setiap orang membutuhkan kendaraan sebagai penunjang aktivitasnya, disinilah peran dari bisnis carter kendaraan untuk menggunakan peluang ini. apa lagi ketika ada MEA tentu individu-individu yang datang dari luar tidak membawa kendaraan. Ini merupakan peluang yang baik untuk usaha carter kendaraan.

Sewa dan carter kendaraan merupakan  bisnis yang berbeda. Dimana bedanya? Timbul pertanyaan, perbedaannya terdapat pada penyediaan supir dan BBM. Sewa kendaraan tidak menyediakan supir dan BBM, dan carter kendaraan meliputi supir dan BBM.

3.Event Organizer
    Event Organizer adalah suatu bisnis yang memberikan jasa untuk menyelenggarakan kegiatan tertentu sesuai dengan permintaan yang  diinginkan konsumen. Perusahaan Event Organizer (EO) bisa membuat kegiatan seperti pameran (produk, jasa, otomotif, seni,dll), peluncuran produk, pembukaan perusahaan, dan lain-lainnya.

Layanan yang bisa diberikan oleh Event Organizer meliputi membantu kegiatan intern dan ekstern perusahaan /instansi pemerintahaan, membantu kegiatan peluncuran produk, membantu kegiatan promosi dan pameran lain.

Setiap perusahaan pasti ingin melakukan kegiatan yang hebat dan luar biasa, sedangkan perusahaan tidak memiliki kemampuan tersebut yang disebabkan kurangnya pengetahuan akan hal ini, tentu disinilah peluang perusahaan Event Organizer untuk memanfaatkan hal ini. Semakin maju suatu wilayah tentu akan banyak perusahaan yang akan berkembang, jika seorang EO bisa memanfaatkan hal ini. ini bisa menjadi peluang yang sangat besar.

4.Expedisi/Pengiriman barang
Pengiriman barang merupakan hal selalu dilakukan dimasa sekarang. Apalagi ketika ada toko online, tentu dalam setiap transaksinya membutuhkan jasa expedisi untuk setiap transaksi yang terjadi. Dalam usaha pengiriman barang, ada yang mengambil khusus antar kota, provinsi, pulau, bahkan antara negara. Ada juga pengiriman yang membedakan berdasarkan jenis barangnya, ada khusus dokumen ada juga berdasakan barangnya.

Disaat MEA diperkirakan pengiriman barang antar wilayah akan meningkat tajam. Dalam acara Kick Andy saya melihat ada seorang anak muda di Jakarta membuat usaha pengiriman barang khusus dokumen dan yang uniknya menggunakan sepeda. Dengan menggunkan sepedah tentu menjadi ciri khas mereka. Yang paling penting usaha itu terus makin berkembang dan mereka konsisten hanya mengirimkan dokumen saja.

Untuk membuat usaha ini, ada hal yang harus dimiliki, seperti layanan ramah, cekatan saat menghitung dan meletakkan barang, serta administrasi yang rapi.

Yak demikianlah pemaparan mengenai usaha yang bisa anda buat untuk MEA. Untuk lebih lengkapnya tidak ada salahnya membeli buku karangan Afin Murtie “Bisnis tahan banting sambut MEA” yang diterbitkan oleh Cable Book pada tahun 2015.


Baca juga :

Bisnis Waralaba Indomaret

Memulai Bisnis Waralaba Alfamart

 

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Bisnis untuk MEA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel