Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

A.Pengertian Pasar
Pasar secara mudah bisa kita artikan sebagai tempat terjadinya transaksi jual-beli barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Sedangkan menurut kajian ekonomi diartikan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan dan penawaran dari suatu barang atau jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga pasar dan jumlah yang didagangkan. Jadi dari hal itu setiap pertemuan antara penjual dan pembeli, serta menetapkan harga dan barang barang yang diingankan untuk tujuan akhir terjadi transaksi disebut pasar.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat bentuk dari pasar seperti pasar barang(barang konsumsi). Pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.Menurut segi fisik
a.Pasar tradisional
b.Pasar raya
c.Pasar abstrak
d.Pasar konkrit
e.Toko swalayan
f.Toko serba ada, dll
2.Berdasarkan jenis barang yang dijual
a.Pasar ikan
b.Pasar sayuran
c.Pasar buah-buahan
d.Pasar bahan bangunan
e.Bursa efek dan saham
f.Pasar barang elektronik
g.Pasar barang perhiasan
Didalam pasar pasti ada yang namanya produsen dan konsumen. Dua subjek ini, memegang peran besar dalam penentuan harga barang dan jasa yang ada di pasar.

B.Pasar Persaingan Sempurna
Pesaingan sempurna merupakan hal yang sangat diingankan semua pihak, namun tidaklah mudah untuk membuat pasar persaingan sempurna. Dalam pasar persaingan sempurna tercipta kegiatan membuat barang atau jasa yang optimal efisiensinya. Dalam kenyataan jarang sekali ditemukan pasar persaingan sempurna, yang ada mendekati persaingan sempurna, hal ini bisa dilihat dari ciri-ciri yang ada dalam pasar persaingan sempurna.
Banyaknya penjual dan pembeli dengan terstruktur dan setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar hal inilah yang diartikan dengan pasar persaingan sempurna.

-Setiap perusahaan adalah pengambil harga
Suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat sewenang-wenang menentukan harga jual barang, terlebih lagi perubahan harga keatas. Seluruh produsen dan konsumen saling mempengaruhi dalam memutuskan harga barang di pasaran.
-Setiap perusahaan mudah untuk keluar atau masuk
Pasar selalu menerima apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan dipasar secara mudah dan praktis, dan sebaliknya jika produsen mengalami kerugian produsen juga dengan mudah keluar dari kegiatan tersebut. Setelah produsen telah memperbaiki penyebab kerugian dan ingin mulai besaing kembali, pasar bisa menerima kembali, itu lang yang dimaksut dengan setiap perusahaan mudah untuk keluar atau masuk.
-Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama
Hasil produksi dari setiap perusahaan merupakan barang yang sama dan tidak mudah untuk dibedakan. Konsumen tidak bisa membedakan mana hasil dari perusahaan A atau B.
-Banyak perusahaan dalam pasar
Dengan banyaknya perusahaan dalam pasar hal ini tidak akan mempengaruhi harga yang belaku dalam pasar atas terjadi kenaikan atau penurunan harga.
-Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan dipasar
Dengan pembeli mempunyai pengetahuan mengenai tingkatan harga barang yang ada dalam pasar, hal ini menyebabkan produsen tidak bisa sewenang-wenang menaikkan harga yang tinggi. Pembeli bisa mendapatkan pengetahuan mengenai ini dengan cara mendatangi satu per satu setiap produsen atau bisa juga pertukaran informasi sesama pembeli.

D.Kelemahan dari Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna walau struktur pasar ini yang paling ideal juga memiliki kelemahan, kelemahannya yaitu : Persaingan ini tidak mendorong inovasi, adakalanya minimbulkan biaya sosial, membatasi pilihan konsumen, biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi, dan distribusi pendapatan tidak selalu merata.

Demikianlah penjelasan mengenai pasar persaingan sempurna, semoga bisa menambah ilmu sahabat mengenai perekonomian dan bisa saling berbagi ilmu.
Sekian dan terima kasih
Sumber :
Ahmad Soleh,S.E.,M.E. Modul Pengantar Ekonomi Mikro UIN STS Jambi, 2016

Belum ada Komentar untuk "Pasar Persaingan Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel