Apa itu Inflasi dan apa penyebabnya?Mari kita bahas!


 Dimedia, seperti televisi, radio, koran atau dengan dari orang-orang, kita sering mendengar kata-kata inflasi. Tapi apa itu inflasi? Inflasi adalah peningkatan harga barang atau jasa secara umum secara terus-menerus. Contoh kasus, pada tahun 2014 disuatu sekolah suasta menarik iuran atau yang dikelas SPP sebesar Rp.125.000,00 , satu tahun kemudian ada lagi yang masuk kesekolah tersebut. SPP disekolah itu naik sebesar Rp.5000,00. Kenaikan inilah yang disebut dengan inflasi. Sudah pahamkan sekarang. . .

Ada beberapa penyebab terjadinya inflasi, diantaranya :
1.Meningkatnya konsumsi atau permintaan, sedangkan persediaan terbatas. Hal ini menyebabkan tidak ada keseimbangan pasar.
2.Terlalu banyak uang yang beredar.
3.Kenaikan harga bahan pokok.
4.Biaya disribusi yang naik, dan
5.Rusaknya jalur yang dilalui dalam distribusi barang.

Inflasi memiliki berberapa jenis, yaitu :
1.Ringan, apa bila kenaikan berada dibawah 10% / tahun.
2.Sedang, apabila kenaikan berada pada angka 10%-30%/tahun.
3.Berat, apabila kenaikan berada pada angka 30%-100%/tahun, dan
4.Hiperinflasi, yaitu kenaikan berada pada angka lebih dari 100%/tahun

Inflasi di Indonesia masih dalam taraf yang wajar. Di negara bagian Afrika ada yang mengalami Hiperinflasi, tepatnya berada di negara Zimbabwe. Di negara itu inflasi menjapai 2.000.000%/tahun. Dengan inflasi yang begitu tinggi, membuat masyarakat disana harus membawa uang meliaran dollar Zimbabwe untuk pergi naik bus. Hal ini membuat sebagian masyarat menukarkan uang mereka ke dollar amerika. Hal itu dilakukan agar mempermudah dalam membawa uang.

Inflasi tidak selamanya buruk, adanya inflasi menandakan masih ada permintaan dan penawaran didalam suatu negara, namun harus bisa terkendali dalam batas yang wajar. Yang bertugas untuk menekan infalasi di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI), serta peran pemerintah juga tidak kalah penting. Pemerintah bisa memperbaiki fasilitas dalam hal distribusi, memotong biaya-biaya distribusi, dan lain-lain.

Semoga penjelasan singkat dari saya mengenai inflasi dapat menambah ilmu dan pengetahuan sahabat. Jika ada kritik dan saran, bisa disampaikan dalam kolom komentar. Sekian dari saya.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Inflasi dan apa penyebabnya?Mari kita bahas!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel